Saya benar - benar tau sedikit soal audit web, seperti cek brokenlink saja...lainnya saya belum tau. Pada thread kali ini saya ingin menanyakan kepada semua member yang pernah mengalami permasalahan yang sama seperti saya. Ceritanya begini, Dulu web saya sebut saja MG, trafik pernah nyentuh 40 ribu perhati... Nah, habis itu saya beli backlink di tempat orang jualan, pas ada algoritma turun hingga visitor hilang banyak dan hanya tersisa 4ribu perhari. Setelah tanya sana sini, saya menemukan jawabannya, yaitu disuruh redirect aja dari domain MG ke domain baru. Oh ya, saya merasa (sebelum redirect) artikel saya susah naiknya... Setelah saya berhasil redirect, dan selang satu bulan redirect, saya hampir mendapatkan trafik saya kembali yaitu berkisar 25 ribuan (ini hal yang sangat membanggakan hehe)... Namun, pada tahun 2020 di bulan apa itu saya lupa, pas ada update algoritma besar - besaran (kalau ngga salah MEI) Web baru saya kena dampaknya lagi, yaitu turun ke 2 sampai 4 ribu visitor perhari. Oh iya, web baru menggunakan domain Aged ya... Nah, sampai sekarang saya tidak tau harus melakukan apa...semua kembali seperti domain MG. Artikel susah naik.... Langkah apa yg harus saya ambil? Harus audit darimana? Saya sangat berterimakasih jika ada yg memberikan saran dan masukan kepada saya karena saya tidak punya temen yg pinter di dunia SEO ini hehe Saya dengan senang hati kalau dibantu hehee
Perhatikan tanggal tanggal drop drastisnya. Biasanya kan tiap major update di web web besar macam search engine journal atau moz biasanya ada pembahasannya, untuk mendaparkan gambaran umum perubahan apa yang terjadi, metriks apa yang berubah, niche apa yang trafficnya ningkat, niche apa yang pada drop Dari sini mungkin agan bisa coba, analisa dan evaluasi web agan sendiri terkait apa yang harus diperbaiki, terkait poin yang terpengaruh update algoritma saat trafficnya terdampak web Inggris atau Indo gan?